Photobucket

Minggu, 31 Agustus 2008

Holiday : Istana Raja Boko


Istana Raja Boko terletak sekitar 19 km arah timur Yogyakarta, sekitar 2 km dari candi Prambanan. Pemandangan alam sekitarnya sangat indah. Di sebelah selatan samar-samar terlihat hamparan pantai selatan dan di sebelah utara terlihat dengan jelas gunung Merapi, candi Prambanan dan Kalasan. Dari pintu masuk utama ke kanan, anda akan masuk ke dalam ruangan besar istana. Di sebelah kiri ruang besar tersebut terdapat sebuah kolam yang dulu digunakan untuk mandi para wanita.




Istana ini diperkirakan dibangun oleh Balaputradewa, sejaman dengan pembangunan candi Prambanan, dan dimaksudkan sebagai tempat pertahanan yang strategis dari pengaruh kekuasaan dinasty Sanjaya. Dari tempat ketinggian di atas bukit, gerakan lawan akan mudah diawasi secara cermat.

Petilasan ini memiliki nilai estetika (keindahan) yang tinggi, yang tersirat dari bentuk gapura dan sisa-sisa pilar serambi istana yang hingga kini masih nampak keindahannya, serasi dengan keindahan alam sekekilingnya. Di bagian dalam dari petilasan ini ditemui sisa-sisa keputren (tempat tinggal) putri raja dan siti hinggil yang kini dalam proses pemugaran. Keputren ini dilengkapi dengan tempat pemandian yang diperkirakan dahulu merupakan tempat bercengkerama putri Ratu Boko, yang terkenal dengan nama Roro Jonggrang, yang patungnya kini menempati salah satu bilik dari candi utama kompleks candi Prambanan.

Lokasi : Kabupaten Sleman
Transportasi : Candi tersebut dapat dicapai dengan kendaraan umum dari Yogyakarta yang menuju ke kota Solo, dan turun di daerah Prambanan simpang tiga menuju Piyungan. Selanjutnya perjalanan dilanjutkan dengan transportasi lain yang menuju ke daerah Piyungan, untuk kemudian turun di Bokoharjo yang terletak di kaki bukit Boko. Dari tempat pemberhentian ini, perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki melalui jalan setapak yang menanjak kurang lebih 400 meter. Jika membawa kendaraan roda dua, bisa melewati Stasiun Bumi Palapa yang berada di lokasi yang sama.

0 komentar:

Posting Komentar

Template by : kendhin x-template.blogspot.com