Photobucket

Sabtu, 30 Agustus 2008

Gaya Arsitektur Extrem: Atapnya Bisa Untuk Main Golf


Siapa yang tak senang punya rumah idaman. Selain sebagai tempat istirahat usai bekerja, Kenyamanan rumah juga dapat memberikan inspirasi khususnya bagi yang punya hobi tertentu. Dua arsitek asal Spanyol, Manual Bailo Esteva dan Rosa Rull Bertran mencoba mewujudkan keahliannya membangun rumah impian keluarga Godo di Igualada, Spanyol.




Pemilihan tempat yang extrem (dibibir tebing sebuah bukit) tak membuat kedua artsitek ini pusing soal resiko-resiko yang bakal terjadi. Justru faktor resiko sudah dipertimbangkan sebagai bagian dari kekuatan dan keunikan rumah ini. Yang unik dari rumah ini adalah bagian atapnya yang bisa difungsikan sebagai lapangan golf mini. Selain bisa bermain golf, penghuninya juga akan sangat leluasa menikmati indahnya pemandangan disekitar bukit karena memang lokasinya sangat strategis.





Untuk menyiasati lahan yang rawan longsor, terpaan angin, dan guncangan gempa, Manuel dan Rosa membangun kontruksi rumah dengan tiang pancang baja yang ditancapkan kedasar bumi. Selain ringan dan kuat tiang baja ini juga sudah dilapisi dengan panel aluminium yang semakin menambah aksen futuristik. Untuk membangun rumah seperti ini dihabiskan dana sekitar US $627,000 (Rp 6 Milyar). Buat yang mau bangun rumah, bisa dicoba hmmm.


Berikut data teknisnya:
Architects: ADD+ Arquitectura - Manuel Bailo Esteve, Rosa Rull Bertran
Location: Igualada, Spain
Collaborators: O.Florejachs, N.Canas, D.Franz, E.Grammont, M.Hita, P.Juarez, J.Maroto, A.Romero, M.Rull, M.Cabestany, J.Vives
Client: Godó Family
Constructed Area: 200 sqm
Budget: US $627,000
Project year: 2003
Photographs: José Hevia


1 komentar:

Satrio A W. mengatakan...

keren bgt rumahnya !!

Posting Komentar

Template by : kendhin x-template.blogspot.com